Saturday, November 4, 2017

SERVER



Nah, di sub menu ne cang kal membahas hal-hal yang cang tau tentang server. Cang bukan orang yang expert, jadi jangan percaya sepenuhnya dengan kata-kata cang nah. Hahahaha.

Server yang cang bakal bahas lebih ke UBUNTU Server, kenape? Karena to ane pernah coba-coba cang, amen yang windows, cang ga pernah oprek-oprek. Mungkin sambil jalan cang akan coba. (kalo maan cang tutorialne masih)

Kenape sih UBUNTU serverne? Yaa karena Ubuntu tutorialne lengkap coi, secara cang melajahne otodidak. Wakakaka XP

Nah, tools yang dibutuhkan untuk utak atik server tu ini :
  1. Putty (Wajib) : Link Download
  2. VirtualBox (OPTIONAL) : Link Download
  3. Koneksi Internet (so pasti! Jaman jani gitu!)
  4. Iso Ubuntu Server : Link Download

Putty
                Ape sih putty? Hmm, entahlah masih.. wkwkwkwkwk.. di kampus pidan sing taen maan teori applikasi ini, jadine untuk penjelasan secara teorine sih aq sing nawang. Tapi berdasarkan pengalaman, putty ne sejenis applikasi portal untuk mengakses device melalui beberapa connection port yaitu RAW, Telnet, Rlogin, SSH, dan Serial. Duh ape to nah, pasti be ade ne berpikir seperti itu. Patuh cang masih keto pidan, cuman cang masa bodo gen, wakakkaka. Googling gen, liu kok penjelasane, cg sing bes ngerti masih ajak penjelasanne ditu jadine cang tidak menjelaskannya disini, map :P. Nah yang kita gunakan to untuk utak atik server disini port SSH (22), Kenapa? NAK MULE KETO! Wakakkakaka. Pokokne download gen! GRATIS! FREE! SING MAYAH!
                Putty ne wajib, kenapa? Karena kita tidak selalu mengconfig server itu direct, maksudnya direct itu langsung depan servernya, seringan kalo di ruang server tu kan sing ade kursi, ya kalek kuat ngeconfig mejujuk mekelo-mekelo :P. sebenarnya alasan utamane sih sing keto, tapi yaa secara garis besar begitulah, ngerti kan maksud cang. Jadi anggo putty ne kita bisa meremote akses server itu dari computer lain dengan catatan computer dan server ne terhubung jaringan dan bisa saling berkomunikasi. Minimal pc ngidang ngePING ke server lah. Ngerti kan ngePING!


                Ini Applikasi exe, jadi tinggal run aja, sing perlu install. Cang sing kal menjelaskan fitur-fitur ane ade di putty ne, males, bes liu, dan sing masuk masih di bagian dokumentasi cang. Menjelaskan kene gen sebenerne sing masuk, cuman yaa sudahlah,, wkwkwkkwkwk..

VirtualBox
                Pasti be nawang kan virtual box, sainganne VMWare tapi versi gratisne. Kanggwang nganggo ane gratis-gratis gen, anggo melajah pang no budget. Nah untuk ne sing nawang ape VirtualBox itu, merupakan sebuah applikasi untuk menginstall operating system secara virtual, tanpa perlu hardware fisik. Bingung? Nah jeg coba gen install, learn by doing gen, sing akan merusak PC kalian kok, tenang gen. Download malu latest virtualboxne, trus install lah, masak install gen perlu tutorial, IT macam apa kalian. Wakakakaka. Yang cang gunakan VirtualBox versi 5.2.0


Koneksi internet
                Kenapa perlu? Ya kalo kalian gak ada koneksi internet, yaa mana bisa kalian buka blog ini. Wakakakaka. Selain itu, untuk install-install applikasi dan update di server yang nanti kalian akan oprek, perlu koneksi internet. Makanya ini perlu. Jaman jani sing ngelah internet, hape gen be misi internet konyang wakakakka.

Iso Ubuntu Server
                Ya iso ni perlu untuk menginstall server, kalo udah instal ya sing perlu lah. As simple as that. Yang belum punya, silahkan download, yang udah punya bole download kalo innet kenceng. Yang cang pake disini versi 16.04.3 yaa.

Oke mungkin itu saja yang dibutuhkan sekarang, kalo ada nanti sambil jalan akan di update (kalo inget). Nah sekian untuk introduction di sub Server. Suksma sudah mampir ke blog geje ini. Hehehe.

No comments:

Post a Comment

IG Cang Ne!! @adi_kumkum