Friday, November 10, 2017

CHANGE IP ADDRESS UBUNTU SERVER


Dokumentasi kali ini adalah cara mengganti ip server. Kebetulan ip server yang cang pake di kantor semuanya static, jadi cang disini ngedokumentasiin gimana caranya cang ganti ip staticnya. Sebenernya ada banyak cara, kalian bisa ganti via WEBMIN, bisa juga kalian SSH ke server kalian via putty dan ganti langsung disana.

Pertama cang akan paparkan gimana caranya ganti via SSH yaa, atau bisa dibilag via Ubuntu command. Pastikan konek dulu ke server kalian pake putty. Kalau udah konek kalian tinggal edit file ini “interfaces” yang ada di directory “/etc/network/”. Terserah kalian ppake editor apa, kalo cang biasanya pake nano. Jadi commandnya kayak gini.

nano /etc/network/interfaces

pastikan juga kalian tau interface mana yang akan kalian ganti ipnya kalau server kalian punya multiple network interface yaa… biar gak salah ganti, nanti error lagi.

    auto eth0
    iface eth0 inet static
        address 10.20.2.20
        netmask 255.255.255.0
        network 10.20.2.0
        broadcast 10.20.2.255
        gateway 10.20.2.1
        # dns-* options are implemented by the resolvconf package, if installed
        dns-nameservers 8.8.8.8

Nah ganti deh itu parameter yang ada sesuai dengan kebutuhan kalian. Pastikan kalian tau apa yang harus di ganti yaa. Kalau sudha selesai, ingat save config kalian.

Setelah selesai, ip kalian gak akan langsung berubah. Perlu di disable enable dulu interfacenya atau kalau kalian punya waktu luang, bole di restart servernya. Hahaha. Cara untuk disable enable interfacenya itu dengan command ini

Ifdown eth0 && ifup eth0

Jangan pisahkan command itu ya, jalankan bersamaan. Karena kalau kalian pisah, artinya kalian mendisable interfacenya tanpa langsung meng-enable interfaceya. Artinya yaa server kalian lepas dari network kalau interfacenya di disable kan. Proses disable enable akan berlangsung kurang lebih 1 menit lah, jadi sabar nunggu up nya yaa, jangan panik duluan.

OK, sekian dokumentasi kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu.
MATUR SUKSMA YA

No comments:

Post a Comment

IG Cang Ne!! @adi_kumkum