Saturday, November 4, 2017

INSTALL UBUNTU SERVER VERSI 16.04.3




Blog kali ini cang akan mendokumentasikan gimana cang kalo nginstll Ubuntu server. Mungkin gak semua step bisa cang jelaskan dengan detail, karena jujur cang juga gak begitu ngerti, hahaha. Cang juga tau caranya dari tutorial yang ada di blog-blog orang dulunya. Jadi ikutin aja dulu, nanti kalo bingung toh ada google, cari lah disana penjelasannya :P.



Oke kita mulai, karena cang make virtualbox jadi cang start dulu virtual machinenya di virtualbox. Kenapa cang pake virtualbox? Biar gak ribet lah cang bikin dokumentasi nyari pc nganggur dulu buat di install, hahaha. Buat yang baru nyasar keini dan pengen ikutan pake virtualbox, mw download virtualbox ada disini (link home sub bab) dan buat settingan yang cang pake ada di sini (setup virtualbox)


Kalo udah di start machine dan boot order udah dipilih ke optical drive, maka booting lah si machine ke iso yang sudah kita attach di optical drivenya si machine. Awal muncul akan dihadapkan langsung dengan language selection. Yaa pilihlah Bahasa yang kalian ngerti. Yang ngerti Bahasa arab bole pilih Bahasa arab, kalo cang sih English aja, soalnya sing ade Bahasa bali coi, hahaha.




Legend F1-F6 di bawah itu ga usah di runguin dulu, gak kepake sekarang kok. Kalo udah pilih languagenya, bakal muncul 7 pilihan, ignore yang lain langsung aja pilih install Ubuntu server.



Pilih language lagi, cerewet kali dya ni nok. Hahahaha.




Setelah itu pilih region, ini dipake untuk nentuin timezonenya nanti kalo udah konek ke internet. Kalo cang di bali mah gak ada, tapi Indonesia juga gak ada ya?? hahaha. Ada kok, pilih di other, trus Asia baru deh nongol tuh Indonesia.






Nah berikutnya itu kayaknya maksudnya karena gak ada input bahasanya di Indonesia, jadi kita disuru milih input yang global, cang sih milih United State aja, kenapa? Karena itu yang di hightlight jadi asal enter aja. Hahahaha (alasan koplak) udah ikutin aja.




Lanjut, untuk detect keyboard layout pilih NO aja, terus untuk pilih country of origin keyboard cang sih English, mungkin ada keyboard kalian originnya dari korea, pilih aja korea. Wkwkwkwkwk.






Nah tunggu dah prosesnya selesai, kalo udah bakal dikasi pilihan network adapter mana yang bakal dipake disini, kalo pas setting virtualboxnya cuman di aktifin 1 network adapter, yg nongol bakal cuman satu aja, kebetulan disini ada 2, cang pilih yang pertama, karena cang makenya yang itu yang ada koneksi innetnya. Hehehe.


Nanti dya akan assign IP DHCP, kalo mau di configure manually juga bisa, nanti ada pilihan configure manuallynya, jadi masukin aja ip, subnet sama gatewaynya kalian kalo yang manual. Kebetulan cang sekarang pake yang DHCP karena adapter yang cang bridge konek ke DHCP server.

Selanjutnya adalah input hostname, full username, user, dan password. Cang gak isiin screenshotnya yaa, cuman begituan doank kan pasti bisa dibaca di stepnya. (ketauan malesnya). Kalo udah input password dua kali, nanti bakal ditanya mau encrypt home directory ato enggak. Kalo cang sih pilih NO, karena males aja sih. Cuman kalo kalian mau secure banget bole aja di encrypt.


Selanjutnya system bakal ngedetect network timenya kalau network kalian terkoneksi internet, kalau enggak kalian define sendiri based on locationnya kalian. Karena cang di BALI jadi masuk WITA kan, WITA disini yang terdetect itu asia/makasar, jadi cang pilih itu.

Kalo setelahnya kalian ditanya ad partition yang perlu di unmount, yes sin aja. Atau di unmount aja.

Nah sekarang masuk di partition disk. Disini ada banyak pilihan kan, kalo cang biasanya milih yang manual, kenapa? Suka-suka cang lah.. hahahaha. Ya karena manual kita bisa lebih leluasa menentukan semuanya sesuka hati, itu aja sih. Pilih dah manual, tp kalo mw coba-coba yang lainnya bole aja, toh ini virtual.


Pas manual ini, yang kalian buat adalah partisi swap dan partisi root. Apa itu partisi swap? Kayakya sih partisi untuk swap cache memory, entahlah.. hahaha. Sedangkan partisi root adalah partisi dimaa system kalian tersimpan, kalau di windows drive C nya lah. Caranya pilih drive yang sizenya 10Gb (karena pas setup virtualbox buatnya 10Gb), kalo ditanya create empty table for this partition pilih YES.



Lanjut, pilih dah yang free space itu, kemudian create new partition, untuk pertama kita buat swap partitionnya, biasanya cang set swap partition itu 2x ukuran memory. Waktu setup virtualboxnya cang setup memorynya 2Gb, jadi harusnya cang setup swapnya 4Gb, cuman karena drivenya cuman 10Gb, cang memutuskan untuk set swapnya 2Gb aja dah, hahahahaha. Ikutin dah gambar buat createnya.








Sisa lagi 8Gb itu yang nanti akan jadi root partition. Caranya sama kayak buat jadiin swap, cuman ya jangan di ubah typenya jadi swap, biarin tetep ext4 langsung di done partition aja. ni lo pas kayak di gambar di bawah, langsung di done partition aja. setelah itu finish dah.



Proses installasi akan dimulai setelah ini. System akan mengcopy file-file yang perlu ke root partition kalian. Kalo yang coba ini pake laptop, pastiin pattery laptop kalian cukup yaa, ato yaa charge laah, jangan kayak orang susah, hahahaha.

Untuk proxy, kalo kalian make proxy bole di isiin, kalo enggak di continue aja, biarin aja kosong. Trus untuk update, suka suka kalian sih, kalo mau otomatis update ya pilih aja automatic. Kalo cang sih no automatic, kenapa? Karena kadang kalo dya ngupdate itu suka bikin error wakakakakaka (pengalaman berbicara). But kembali lagi ke kalian, bebas ajaaa.

Software selection, itu part dimana kalian milih software apa aja yang bakal kalian installin di server kalian sekarang. Bukan berarti nanti kalian ga bisa install itu lagi, bisa kok, yang cang maksud sekarang itu ya include pas proses installasi ini. Kalo cang yang sekarang cang install itu sih ini.


Nah ini cang bahas dah dikit-dikit,

Manual package selection, dari kalimatnya aja udah bisa kita artikan (google translate) pemilihan paket manual. Berarti yaa kita milih paket-paketnya secara manual. Perihal apa itu paket-paketnya, cang juga gak ngerti, makanya cang cobak, ahhahaha. Untuk pilihan ini cang baru nemu di versi yang 16 ini deh, kayaknya Ubuntu versi 12 sama 14 gak ada tu pilihan ini, KAYAKNYA YA cang lupa.

DNS server, DNS adalah Domain Name Server. Kalo kalian pengen jadiin servernya ini sebagai DNS server, bole di install, kalo enggak ya gak usah. Cang pengen belajar bikin DNS server soalnya, jadinya cang coba aja install, masalah configurenya gimana urusan belakangan. Hahahaha.

LAMP Server. Untuk penjelasan detail tentang LAMP Server kalian bisa googling deh, banyak sekali. Secara kasarnya, LAMP ini adalah XAMPPnya di linux. Kalo kalian mw buat web server, ini hal yang wajib kalian install. Nanti setelah kalian continue, jika kalian centang LAMP ini bakal di minta password untuk mysql kalian.

Mail Server, yaa udah dibilang mail server, ya untuk email.

PostgreSQL database, cang gak tau ini apa, sumpah gak pernah googling juga, entah kenapa males cang.

SAMBA File Server, ini applikasi buat kalian kalo mau sharing-sharing file atau kalian mau buat sharing server. Mw sharing printer, sharing folder itu kalian perlu applikasi ini. Cang install aja, karena biasanya pasti perlu.

Standard system utilities, yaa ini install aja, pasti perlu, ga bayar juga toh.

Virtual Machine host, ya sebagai host vm, seperti virtualbox kalian itu.

OpenSSH Server, nah ini wajib. Buat kalian biar bisa remote akses via putty ke server kalian, kalian perlu applikasi ini. Install aja. wajib!!

Kembali lagi, untuk applikasi-applikasi itu semua, sesuaikan dengan kebutuhan kalian aja installnya, biar ga mubazir dan lebih berfaedah, hahahaha. Nah tunggu aja dah itu proses installasi sampe selesai, kalo ditanya install grub di master boot record, jawab YES aja. sekian untuk dokumentasi install Ubuntu server, semoga berfaedah!! MATUR SUKSMA!!

No comments:

Post a Comment

IG Cang Ne!! @adi_kumkum