Thursday, November 9, 2017

INSTALL WEBMIN UBUNTU SERVER


Webmin? Apa sih itu?

Menurut cang, webmin itu adalah User Interface berbasis web, sehingga memudahkan para user untuk mengoprasikan servernya. Sebenernya webmin bisa di install di server maupun desktop. Tapi lebih usefull yang server lah, yang desktop ngapain lagi di installin User interface ya kan.

Kenapa nginstall WEBMIN, bukannya server bisa di installin UI Desktop juga? Kalo kalian nanya begitu, menurut cang sih cang lebih tertarik ke WEBMIN karena dya Web Base, jadi kita bisa akses via browser, ringan, efisien, bisa dimana saja. Kalau UI Desktopnya kan cuman bisa di servernya langsung.

OK, lanjut ke cara installnya. Berdasarkan website resminya si WEBMIN, cara installnya ada 2 cara. Secara offline dan online. Maksudnya, secara Offline itu dengan mendownload file .deb nya dulu, kemudian di install dengan command dpkg. Kalau secara online yaa sama download sih, tp bukan file .deb nya, yaa ngerti kan kalian maksud cang. Cang akan paparkan kedua caranya.


OFFLINE
Seperti yang cang bilang tadi, kalau yang offline harus download dulu file .deb nya, caranya kalian run aja command ini di server kalian

wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.860_all.deb

itu adalah command untuk mendownload dari server kalian. Nanti kalian akan melihat proses downloadnya.

Kalau udah selesai, kalian tinggal install dengan command gini :

dpkg --install webmin_1.860_all.deb

Simple emang, tapi terkadang pada saat install itu ada errornya, atau missing dependencies katanya. Nah kalau kalian ketemu problem kayak gitu, coba aja kalian install apa-apa aja yang missing. Kalau kata webnya sih kalian run aja command ini :

apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python

next problem, kalau kalian pas installnya dibilang package not found, pastikan kalian sudah update dulu server kalian dan pastiin juga di repository kalian bagian repo yang blakangnya “universe” gak ke uncomment (#).

Tapi entah kenapa, cang pribadi sering gagal pake cara offline ini. Tapi pernah juga cang berhasil, gak ngerti juga. Hahahaha. Jadi kalian kalo mau coba cara ini, silahkan saja, kali aja berhasil.


ONLINE 
Untuk cara online, step yang harus kalian lakukan pertama adalah menambahkan repository webmin kedalam list repo kalian. Caranya kalian buka “sources.list” kalian dengan editor apapun yang kalian biasa pake (kalo cang sih nano) seperti command berikut

nano /etc/apt/sources.list

kalau udah kebuka, copas link reponya si webmin. Link reponya ini :

deb https://download.webmin.com/download/repository sarge contrib

nah abis itu, kalian harus install GPG key. Apa itu? Ga tau juga cang, wkwkwkwk… caranya tinggal run aja command ini :

Wget http://www.webmin.com/jcameron-key.asc
apt-key add jcameron-key.asc

Abis itu update deh server kalian, langsung deh install. Commandnya kayak gini :

apt-get update
apt-get install apt-transport-https
apt-get install webmin

inget ketik Y untuk menjalankan proses installnya.

Setelah kalian selesai menginstall dengan cara OFFLINE ataupun ONLINE, waktunya untuk test drive webmin kalian. Caranya buka browser di pc yang terkoneksi secara jaringan dengan server kalian. Kemudian di address bar kalian ketikkan https://IPSERVER:10000



Kalau muncull gambar kayak di atas, jangan panik, orang memang begitu. Yang kalian lakukan selanjutnya adalah kalian klik aja tulisan “ADVANCED”, lalu klik “proceed to IPSERVER” (UNTUK CHROME) atau “Add Exception” kemudian “Confirm Security Sertificate” (UNTUK FIREFOX).


Udah deh, muncul deh halaman login webmin kalian. Kemudian kalian coba aja login pake user dan password server kalian. Kalau udah berhasil login, akan muncul overview dari server kalian seperti ini.


Kalau udah sampe disini, berarti kalian sudah berhasil install webmin. Untuk fungsinya kalian coba-coba aja deh ya, banyak sekali males jelasin satu-satu. Hahahaha.

No comments:

Post a Comment

IG Cang Ne!! @adi_kumkum