Thursday, November 9, 2017

FILE MANAGER UBUNTU SERVER


Nah buat kalian yang baru-baru menyentuh Ubuntu server, pasti kalian bingung kan, apa sih ini, layar item trus cuman ada kursor kedip-kedip aja. gimana cara makenya ini. Pasti begitu, karena cang juga dulu syoknya begitu. Wakakakkaa.


Hal yang simple pertama kali cang cari adalah file manager. Iya, karena cang butuh visual, cang gak bisa membayangkan file-file itu ada dimana hanya dengan memetakannya pake garis miring “/”. Jadi solusinya cang install deh FILE MANAGER yang bernama “MIDNIGHT COMMANDER”. Keren kan namanya. Hahahaha.


Gambar di atas itu adalah penampakan dari MIDNIGHT COMMANDER atau yang disingkan MC. Nah sekarang ada tambahan warna biru dan ijonya kan, wakakakakaka. Itu ada blok kiri dan blok kanan. Ibaratnya kalau kalian di windows, kalian sedang buka 2 explorer dan di set berjajar. Kalau begini kan bisa lah cang ngebayangin harus nyari dimana file-filenya. Maklum cang kan amatiran, wakakakaka.

Pertama kali itu kalian di arahkan ke folder home dari user kalian. Misalkan kalian baca tutorial disuru cari file di “/etc/apt/” kalian enter aja di “/..” itu yang mengartikan kalian akan kembali naik 1 folder di atas. Nah enter aja terus di “/..” sampai kalian mentok, itulah berarti root folder kalian.



Legend di bagian bawah itu cara makenya adalah dengan menekan tombol F1-F10 di keyboard. Angka-angka itu menunjukkan angka pada F-nya. Missal kalian ingin mengedit file, kalian teken tombol F4 di keyboard, bukan 4 ya. Begitu juga lainnya.

Nah, gimana sih cara installnya MC ini? Gampang banget, kalian tinggal run aja nih command

apt-get install mc

jangan lupa ketik “Y” untuk memulai install, tunggu sampai selesai.

Untuk menjalankannya, caranya kalian tinggal ketik saja “mc” lalu enter, udah deh jalan dya.

Simple kan. Hahahaha.



Ok, sekian untuk dokumentasi tentang MIDNIGHT COMMANDER, buat kalian yang sudah nyasar kesini

MATUR SUKSMA PING BANGET NGGIH.!!

No comments:

Post a Comment

IG Cang Ne!! @adi_kumkum