Thursday, November 9, 2017

UBUNTU SERVER FIRST RUN SETUP


Dokumentasi kali ini cang akan memaparkan apa sih yang cang setting pertama kali setelah selesai menginstall UBUNTU Server. Ini bukan suatu keharusan yaa, karena ini cuman dokumentasi cang semata.


Beberapa hal yang perlu dipastikan setelah server kalian sudah bisa boot dan run adalah koneksi jaringan di server kalian. Apakah server kalian bisa berkomunikasi dengan pc kalian, dan apakah server kalian terkoneksi dengan internet. Kenapa itu penting? Komunikasi dengan pc kalian itu biar kalian bisa remote server kalian dari pc kalian, jadi kalau server kalian berada di ruangan khusus nan dingin dan taka da kursi untuk duduk, kalian bisa setting-setting server kalian dari meja kalian yang empuk. Akses internet itu penting karena untuk menginstall applikasi di server.  Cara mengecek kedua hal itu adalah dengan simple saja, yaitu kalian ping saja ip pc kalian dari server atau sebaliknya untuk mengecek koneksi dengan pc, dan untuk mengecek koneksi internet, kalian ping saja ke google.com dari server kalian. Gampang kan.

Cang anggap dah kedua hal itu sudah ok ya, jadi kalian remote saja server kalian dengan applikasi putty. Buat yang belum tau atau belum punya app puty, kalian bisa baca artikel cang DISINI. Cara menggunakan putty itu gampang, tinggal run aja (exe file), pilih “connectioin type : SSH” dan masukkan ip address dari server kalian di bagian “Host Name (IP Address)” setelah itu open deh.


Setelah itu, kalian akan diminta login, masukkan login server kalian disana dan kalian sudah berhasil meremote server kalian. Cara ini bisa dilakukan kalau kalian menginstall SSH server di server kalian ya.

Setelah berhasil remote, yang cang lakukan biasanya memasukkan repository local. Ada banyak repository local Indonesia. Biasanya sih cang makenya yang KAMBING UI. Kenapa? Gak ada alasan, seneng aja. wkwkwkwk. Kalo mau liat list repository dan cara memasukkannya ada DISINI.

Next cang pasti install yang namanya WEBMIN. Makanan apa itu WEBMIN? Buat yang mau tau, silahkan kesini deh CARA INSTALL WEBMIN.

Kemudian cang menginstall dua app simple but usefull, yaitu “MidNight Commander” dan “Glances”. Untuk deskripsi kedua applikasi itu, kalian bisa KESANA dan KESINI ya.

Trus? Faedah dari postingan ini apa? Cuman loncat-loncat ke link yang lain aja gitu? Wakakakaka

Nah jeg kanggwang, pang liu clik blog e ngenah. Hahahaha.

Sing kene sing keto, titiang MATUR SUKSMA lan PARAMASANTHI

OM SANTHI SANTHI SANTHI OM

No comments:

Post a Comment

IG Cang Ne!! @adi_kumkum